Sunday , 17 December 2017
Fiqih Akhlak

Qurban 1 Kambing atau 1/7 Sapi

Mana yang lebih utama, qurban 1 ekor kambing atau 1/7 sapi ?

Pertanyaan ini cukup sering kita dengar ketika mendekati musim Qurban dan pada artikel kali ini mudah-mudahan ada sedikit gambaran untuk menjawab pertanyaan tersebut.

kambing-atau-sapi

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, redaksi FiqihPedia.Com perlu menyampaikan bahwa ada ikhtilaf dalam perkara ini, sehingga pembaca diharapkan bijak dalam menyikapinya.

Sebagian ulama menjelaskan, kurban satu kambing lebih baik dari pada ikut urunan sapi atau unta, karena tujuh kambing manfaatnya lebih banyak dari pada seekor sapi (Shahih Fiqh Sunnah, 2:375, Fatwa Lajnah Daimah no. 1149 dan Syarhul Mumthi’ 7:458).

Imam As-Saerazi Asy-Syafi’i mengatakan, “Kambing (sendirian) lebih baik dari pada urunan sapi tujuh orang. Karena orang yang berkurban bisa menumpahkan darah (menyembelih) sendirian.” (Al Muhadzab 1:74).

Di antara alasan lain yang menunjukkan lebih utama kurban sendiri dengan seekor kambing adalah sebagai berikut:
Kurban yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utuh satu ekor, baik kambing, sapi, maupun unta, bukan 1/7 sapi atau 1/10 unta (urunan dengan sahabat).

Kegiatan menyembelihnya menjadi lebih banyak. Ada hadis yang menyebutkan keutamaan menumpahkan darah ketika ‘Idul Adha, namun hadisnya lemah.

Syeikh Ibnu Utsaimin dalam “Ahkam Udhhiyyah” berkata:

“Hewan kurban yang paling utama adalah unta, lalu sapi jika ia berkurban penuh, kemudian kambing kibas, kemudian kambing biasa, kemudian 1/7 unta kemudian 1/7 sapi.

Wallahu a’lam

Referensi Artikel :
http://www.konsultasisyariah.com/kurban-sapi-atau-kambing/
http://islamqa.info/id/45767

 

About Fahrudin Ibnu Ahmad

Manusia biasa yang berkecimpung didunia Teknologi Informasi sejak tahun 2002 dan memiliki harapan bisa memberikan banyak manfaat untuk sesama, khususnya perkembangan dakwah islam. Seorang suami dan ayah dari 2 orang putra dan putri.
BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes